PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA (ARAB)

· Article

– Menjadi Guru Yang Profesional dan Inovatif –

Oleh
Dr. ULIN NUHA, S.Pd.I., M.Pd.I
(Dosen PBA STAI Yogyakarta)

Semakin majunya peradaban dunia menuntut adanya perkembangan suatu bangsa dan negara disemua lini agar tetap senantiasa bisa bersaing dengan negara-negara lain secara global. Suatu bangsa yang menginginkan adanya perkembangan disetiap lininya maka diperlukan adanya tenaga ahli disemua bidang kompetensi baik dalam bidang Ekonomi, Sosial Kependudukan, Kemiliteran, Pertanian, Perkebunan, Kelautan, Ilmu Pengetahuan dan Tehnoligi, dan bidang-bidang kompetensi kenegaraan lainnya.

Untuk bisa melahirkan sumber daya manusia yang kompeten, unggul, dan mumpuni disetiap bidangnya, maka kiranya dibutuhkan adanya sistem pendidikan yang unggul juga beserta lembaga-lembaga pendidikan yang ada di dalamnya. Suatu sistem pendidikan yang unggul akan melahirkan ilmuan-ilmuan yang ahli dan kompeten disemua bidang yang akhirnya mereka akan memberikan sumbangsih tenaga dan pemikirannya untuk kemajuan peradaban sebuah bangsa.

Unggulnya sistem pendidikan yang diharapkanakan melahirkan para ilmuan-ilmuan yang handal dimasing-masing bidang kompetensi tercermin dari garis besar kurikulum yang dipakai dan dianut oleh suatu negara.

Sebenarnya, cerminan dari unggulnya pendidikan tidak lah cukup dengan adanya kurikulum yang unggul juga. Unggulnya kurikulum akan lebih terasa sempurna bila diikuti dengan adanya kemoderenan dan majunya praktik-praktik pembelajaran yang di dalamnya terkandung banyak hal. Pembelajaran yang di dalamnya terkandung adanya unsur strategi, metode, media, tehnik, dan desain pembelajaran akan berjalan dengan kondusif guna tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Semua unsur-unsur pembelajaran tersebut hanya akan bisa dipraktikkan dengan baik dalam sebuah kegiatan pembelajaran oleh seorang guru yang professional yang memiliki kompetensi yang sempurna.

Singkatnya, untuk bias mewujudkan sebuah pembelajaran yang sukses dan berhasil, maka diperlukan perencanaan yang matang, dari mempersiapkan RPP, serta perangkat-perangkat lain yang menjadi ruh kegiatan pembelajaran. Seperti halnya metode, media, strategi, tehnik, materi dan bahan ajar, dan tidak ketinggalan adalah system penilaian dan evaluasinya. Dengan Perencanaan Pembelajaran yang matang, maka sudah barang tentu kegiatan pembelajaran akan berjalan sukses dan berhasil.

*) Resume dari buku karya Ulin Nuha, “Perencanaan Pembelajaran Bahasa (Arab) – Menjadi Guru Yang Profesional dan Inovatif –”, Yogyakarta : CV. Istana Agency, 2022. ISBN : 978-623-6226-61-2.  Selengkapnya dapat dibaca di link : https://bit.ly/Perencanaan_Pembelajaran_Bahasa_Arab_oleh_UlinNuha

Leave a Comment